Menu

Cara Membuat Lingkaran di CorelDRAW

Comments 1
January 4, 2013


Cara Membuat Lingkaran di CorelDRAW, dengan objek lingkaran menjadi kecil dan banyak kita bisa membuatnya menjadi sebuah tekstur-tekstur, contoh kita buat lingkaran tersebut menjadi bintang dengan tambahan shadow putih lingkaran kecil tersebut akan menjadi ilustrasi bintang, lingkaran ini juga bisa kita gunakan sebagai logo, tau USA Today? logo barunya sekarang lebih unik, yang dulu memang terdapat ilustrasi gambar bumi disamping teks maka sekarang logo bumi tersebut diganti menjadi sebuah lingkaran berwarna biru, mau tau logo barunya ? silahkan cek di websitenya www.usatoday.com, (10/5/2015).

Sama seperti dengan software photoshop coreldraw juga mempunyai tool bernama Ellipse Tool, cara penggunaanya juga sama. Dalam tutorial kita akan membuat illustrasi seperti gambar diatas, dengan beberapa fungsi tambahan keyboard shortcut page up dan page down serta pengaturan tambahan yang ada di properti ba
1. Pada ToolBox
2. Cari "Ellipse Tool" atau dengan shortcut keyboard F7





3. Lalu Tahan mouse dan dtarik.



Keterangan :

  1. Gunakan CTRL saat dragging lingkaran untuk mendapatkan hasil lingkaran bulat
  2. Lepaskan ctrl bila ingin membuat oval
Hasilnya akan seperti dibawah ini.



Nah bagaimana cara membuat bayangan dibawah lingkaran seperti ilustrasi paling atas?



Buat lingkaran dan persegi panjang dengan warna terserah, jika ingin seperti warna diatas, dibawah ini adalah code warna RGBnya atau praktisnya anda bisa menggunakan Hex.

  1. RGB : R (95), G (184), B (104)  - HEX : #5FB868
  2. RGB : R (128), G (105), B (72)  - HEX : #806948
Cara menerapkanya dengan meletakkan code diatas pada dialog Uniform Fill, pada tab Models dengan models RGB, apabila CMYK tidak HEX tidak bisa diedit, lalu isikan kolom yang diberi tanda panah seperti gambar dibawah ini, 


Seleksi objek dan beri warna dengan Uniform Fill atau Shift F11 (Default), begitu juga dengan lingkaranya juga dan letakkan lingkaran diatas objek sehingga hasilnya seperti ini.


Untuk menghasilkan bayangan yang lebih gelap dari lingkaran warna hijau, pertama duplikasi lingkaran tersebut (Ctrl + C) dan paste (Ctrl + V) dan warnai salah satunya dengan warna lebih gelap dari warna peregi panjang dan bukan dari lingkaran.



Seleksi lingkaran berwarna gelap dan tepatkan dibawah lingkaran berwarna hijau dengan cara :

  1. Ctrl + X di lingkaran hijau dan Paste (Ctrl + V)
  2. menggunakn kombinasi shortcut Ctrl + Page Up berguna memposisikan objek akan naik satu tingkat, dan apabila tidak berubah, coba tekan beberapa kali mungkin ada objek lain dibawahnya lagi diarea lain

Hasilnya akan seperti dibawah ini dengan arah keyboard atau mouse dan coba geser lingkaranya sehingga menjadi bayangan dibawah lingkaran.


Pengaturan lebih lanjut pada shape lingkaran terdapat pada property bar, cukup berguna karena disini anda bisa mengatur model-model lingkaran dan mengatur besar garis dengan cepat, jika ingin melihat pengaturan pada property bar silahkan klik terlebih dahulu lingkaran yang akan diedit.



  1. Membalik objek secara horisontal dengan dan vertikel (Mirror), tidak akan perubahan jika digunakan pada lingkaran, buat objek dengan sisi berbeda.
  2. Membuat model ellipse
  3. Model Pie (menghilangkan seperempat dari lingkaran penuh, anda bisa sesuaikan dengan menggunakan shape F10 lalu seret titik pucuk pada lingkaran)
  4. Arc (untuk memotong lingkaran outline)
  5. Pengaturan derajat dari model pie atau arc
  6. Ini akan aktif jika teks yang anda buat menggunakan "Convert to Artistic Text" (Ctrl +F18), tersedia beberapa pengaturan, dan coba dekatkan lingkaran ke teks tersebut.
  7. Tebal garis atau outline.
  8. Convert to Curve (Ctrl + Q)

Jika ingin mebuat bentuk lingkaran ini menjadi objek lain, gunakan convert to curve, dengan convert to curve lingkaran anda akan menjadi sebuah shape dan memilki node (titik pada sudut) yang nantinya digunakan untuk menarik sudut pada objek lingkaran dan anda sudah bisa mengkreasikan objek lingkaran ini menjadi objek yang berbeda.


Jika mengalami kesulitan atau kesalahan pada tutorial diatas silahkan berkomentar.



Share This

Artikel Terkait




1 comments:


Menu