Cara Membuat Logo Indosat Ooredoo dengan Corel Draw







Membuat logo Indosat Ooredoo dengan corel draw, baru-baru ini tepatnya tahun 2015 Indosat telah mengganti nama identitasnya yang dulu namanya adalah Indosat sekarang menjadi Indosat Ooredoo, sekilas nama ooredoo ini adalah perusahaan yang juga meliputi penyediaan layanan telekomunikasi yang ada di Qatar, dengan alasan tertentu maka Indosat resmi berganti nama.

Pada bagian logo Indosat Ooredoo baru ini, logonya tak jauh beda dengan perusahaan yang ada di Qatar, beberapa tambahan elemen-elemen grafis dan nama Indosat yang berada tepat di atas tulisan ooredoo. Tulisan Indosat menggunakan font yang memiliki karakteristik sama pada logo ooredoo dengan konsep rounded pada font.

Sebelum membuat logo indosat ooredoo ini download terlebih dahulu format vector coreldraw indosat ooredoo (yang digunakan adalah tulisan) untuk menempatkanya pada logo ini.




Nah untuk logo yang akan kita buat pastinya tidak sama persis 100% dengan logo asli perusahaan tersebut, mungkin masih dibilang super copy lah, tapi super copy disini bukan yang disebut seperti smartphone, setidaknya 95% persis, hehe, itupun jika dilihat dari jauh logo yang akan kita buat ini juga masih tetap terlihat mirip persis dengan logo aslinya hehe. Software yang kami buat untuk membuat logo Indosat Ooredoo ini mengunakan Corel Draw versi X7.





1. Pertama buatlah lingkaran dengan satuan pixel berdiameter 150px dan warnai oranye kemerah-merahan, disini kita akan membuat huruf ooredoonya terlebih dahulu.

  1. Lingkaran terletak pada toolbox kiri coreldraw
  2. Pada tutorial ini menggunakan satuan Pixel, pilih pixel pada dropdown menu
  3. Pada bagian atas, terlihat ukuran lingkaran, ganti dengan 150px
  4. Untuk warna lingkaran gunakan code HEX #DA251D

Untuk membuka Dockers Transformation :


Pilih seperti pada seleksi warna kuning, window dockers akan otomatis tampil pada bagian kanan layar dokumen corel draw anda.


Duplikat atau salin lingkaran menjadi 7 buah dengan menggunaan dockers "Transformations", untuk cara mengeluarkan opsi ini ikuti cara dibawah sesudah pengertian diatas.

  1. Sebelum duplikat otomatis seleksi dahulu lingkaran.
  2. Pada bagian pilihan pilih "Position" saja.
  3. atur X: menjadi 135px
  4. dan Y: pastikan 0px
  5. Centang Relative position
  6. Menyalin otomatis menjadi kekanan, centang seperti gambar diatas (paling kanan)
  7. Nah ini boleh satu satu atau langsung +6 atau menjadi 7 nantinya.
  8. Coba Apply untuk menerapkan,
Alternatif pada tutorial ini menggunakan file huruf jadi (vector), Buka File bernama "Huruf Indosat Ooredoo - Desainerindonesia.net.cdr" didalam file corel tersebut ada huruf yang nantinya anda masukkan ke dalam logo.

Apakah tidak ada font yang sama seperti desain logo Ooredoo ini?
Ada, tetapi tidak sama persis dengan tulisan yang ada pada logo, contoh pada internet huruf "r" tidak sama seperti pada logo. jika ingin melihat perbedaanya, coba cari di google dengan kata kunci
"download font ooredoo", di cek (2016).

Kembali ke lanjutan tutorial:
  1. Seleksi dan pindah tulisan ooredoo 
  2. Ke tempat 7 buah lingkaran, jika kesulitan penempatanya gunakan acuan huruf "d" sampai terlihat seperti di atas maka yang lainya akan otomatis.
  3. Jika sudah terpasang, sekarang Grup dengan CTRL + G. 



  1. Buat Kotak dengan menentukan poin pertama pada tengah lingkaran seperti gambar diatas nomor 1, lalu tarik lagi sampai tepat di titik poin 2 berada di tempat persinggunggan kedua lingkaran. Jika sudah warnai menjadi kuning atau HEX code #FFF000

Tarik persegi yang anda buat tadi menjadi lebih panjang dengan kombinasi "SHIFT" dan tarik objek seperti gambar di atas.



  1. Ubah sudut persegi menjadi Rounded dengan "Shape tool" atau F10, klik pada sudut dan geser mouse kebawah.




Langkah ini untuk menduplikat dan membuat sudut persegi menjadi rounded.

  1. Seleksi objek pertama
  2. Pilih Middle Right dan Relative Position
  3. Untuk akan menyesuaikan otomatis lebar persegi panjang.
  4. Copies menjadi 1 atau 6 langsung untuk menjadikan 7 buah.
  5. Terapkan.
  6. Nah tahap 6 adalah hasil dari duplikat
  7. Seleksi seperti block warna ungu dengan diluar tulisan ooredoo lalu CTRL + X dan V atau gunakan CTRL + Page Up untuk menaikkan objek diatas grafis kuning.
  8. Hasilnya akan tampak seperti nomor 8.


Atur View menjadi Wirefram, mode ini akan menampilkan garis atau outline tanpa disertai fill atau warna dalam yang nantinya akan memudahkan step untuk selanjutnya.



  1. Pastikan persegi panjang dengan rounded sama dengan nomor 1
  2. Caranya klik persegi panjang, lalu ubah menyesuaikan pada titik poin tengah yang ditandai "Seleksi Kotak Biru", ganti semua.
  3. Sampai terlihat pada Nomor 3


Ubah jadi Enchanced untuk menampilkan dokumen corel menjadi mode normal kembali



  1. Ganti Panjang ukuran persegi seperti ukuran di atas? maka hasil akan tampil seperti gambar diatas.
Apakah itu ukuran panjang asli logo ooredoo?
Bukan, itu adalah hasil perkiraan panjang logo indosat ooredoo yang coba kami trace.



Sesuaikan panjang persegi rounded dengan garis yang disimulasikan dengan outline merah menggunakan 2 metode keboard dan mouse, silahkan gunakan.


Lalu ambil tulisan INDOSAT yang ada pada file "Huruf Indosat Ooredoo - Desainerindonesia.net.cdr" tempatkan seperti pada logo Indosat Ooredoo di atas.

Silahkan Export (CTRL + E) atau file Export dengan seleksi.



Nah diatas adalah hasil akhir dari logo tutorial, kalau ingin mock up seperti pada gambar awal tutorial ini di bawah ini adalah link yang mengarah pada mock up kami terapkan, mockup ini menggunakan photoshop. silahkan download dan pasang .PNG file hasil Export codel draw ke photoshop.






Selamat mencoba!
Masih kesulitan? diskusikan pada komentar.
Punya Cara lain atau mau berbagi cara yang lebih praktis dari tutorial di atas ? beri masukkan di komentar, terimakasih.





Artikel Terkait




0 C:

Post a Comment